(( Memperbaiki Diri Dengan Al-Qur'an dan As-Sunah ))

Pahami Jamaah anda!

Ali bin Abi Tholib -rodiyallahu anhu- berkata :[1]


(حدثوا الناس بما يعلمون أتريدون أن يكذب الله و رسوله)


“ Berbicaralah kepada manusia dengan apa yang mereka pahami, apakah kalian ingin Allah dan Rasul-Nya di dustakan” .[2]


PENJELASAN:

Maksud dalam ucapan beliau ini adalah dalam sisi pemahaman artinya memberikan pemahaman kepada orang itu harus tepat, sebuah ungkapan ibarat makanan ketika makanan itu untuk orang dewasa maka jika diberikan kepada anak-anak akan menjadi sebuah bencana.

Mengajak berbicara kepada manusia sesuai dengan pemahaman mereka buka berbicara dengan yang mereka tidak bisa memahami karena ilmu itu dengan dipahami terlebih dahulu, seperti misalnya berbica kepada orang awam(belum kenal Agama) tentang perkara subhat, maka hanya akan mewariskan kebingunggan dan kerancuan bahkan bisa menimbulkan keyakinan yang salah jika dia memahaminya salah.

Ibnu Hajar [3] berkata : dibenci seseorang yang berbica dengan kalimat yang membuat orang lain bingung untuk memahaminya. Oleh karena itu wajib bagi manusia untuk menahan dari berbicara kepada manusia yang dia tidak paham dengan ucapanya, dan disini terkhususkan bagi para pendakwa dia harus bisa memahami apa yang di inginkan Allah dan Rasul-Nya dan berbicara kepada manasia sesuai dengan pemahaman mereka, bukan mengunakan bahasa yang membuat bingung dan rancu.









[1] Tartib : Ummu Faiq




[2] Ibnu  Hajar dalam fathu barry 1/225, Imam Ad-Dzahaby dalam siyar ‘alam nubala’2/597, begitu juga Ibnu Taimiyyah dalam fatawa 13/26.




[3] Fathul barry 1/225


0 Response to "Pahami Jamaah anda!"

Post a Comment