(( Memperbaiki Diri Dengan Al-Qur'an dan As-Sunah ))

ORENTASI KEHIDUPAN SEORANG MUSLIM

Kehidupan adalah suatu kenikmatan yang luar biasa yang wajib disyukuri setiap seorang muslim karena tiada kenikmatan yang bisa mengantikan kehidupan. Akan tetapi banyak kita jumpai kebanyakan manusia yang hidup didunia tidak mengerti bagaimana dia hidup, bagaimana dia melakukan kehidupan  sehingga masih banyak sekali kita jumpai hidup tampa ibadah, tampa belajar, bahkan tidak mengerti kenapa dia hidup.
Sebagaimana yang telah dimaklumin bahwa tugas manusia adalah tercamtum dalam QS. Ad-Dzaariyat, Allah U berfirman :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (56)
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.(QS. Ad-Dzaariyat : 56).
Berangkat dari ayat yang mulya ini maka fungsi manusia diciptakan didunia tidak lain hanya diperintahkan untuk beribadah hanya kepada-Nya, Imam As-Sa’dy menjelaskan tentang ayat ini bahwa tujuan diciptakanya manusia adalah hanya untuk beribadah kepada Allah U, dan orang yang mengenal Allah U dengan baik maka dia akan mendapatkan kesempurnaan iman.
Setelah jelas tugas manusia diciptakan oleh Allah U maka tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak menyembah Allah U, dengan dia taat, tunduk serta menyerahkan segala urusan kepada Allah U.
Kalau kita cermati, sebagai seorang muslim yang menjalani kehidupan yang sementara di dunia ini, ada beberapa aral yang melintang dihadapan kita yang menjadi penghalang bagi kita untuk menapaki fitrah kita yang suci. Kalau kita tidak waspada, perintang-perintang ini akan menggerogoti dan mengikis habis iman kita atau paling tidak akan membuat iman kita menjadi labil, keruh dan tidak murni lagi akibat noda-noda dan racun yang ditebarkannya. Perintang-perintang ini sangat beragam dan banyak sekali, namun menurut Imam Ibnu Abi ‘Izz Al-Hanafi kesemuanya itu bermuara pada dua hal yaitu: “Syubhat dan Syahwat”. (Lihat Syarh Aqidah Thahawiyah, Ibnu Abi ‘Izz Al-Hanafi, hal: 339).
Sehingga orentasi kehidupan manusia tidak lepas dari dua diantara perkara, pertama akherat, dan dunia. Dunia Allah sifati dengan firman-Nya;
وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُ الْآَخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ (32)

Artinya” Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya”. (QS. Al-An’am : 32).

....... Bersambung,,,,,

0 Response to "ORENTASI KEHIDUPAN SEORANG MUSLIM"

Post a Comment