1. Aqiqah itu Wajib
Buraidah bin Al-Hashib
berpendapat bahwa aqiqah itu wajib. Hal ini sebagaimana pernyataan Ibnu Abdul
Barri berikut ini:
وَكَانَ
بُرَيْدَةُ الأَسْلَمِي يُوْجِبُهَا وَشَبَّهَهَا بِالصَّلاَةِ، فَقَالَ: النَّاسُ
يُعْرَضُوْنَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ عَلَى اْلعَقِيْقَةِ، كَمَا يُعْرَضُوْنَ عَلَى
الصَّلَوَاتِ اْلخَمْسِ.[1]
“Dan adalah Buraidah
Al-Aslami mewajibkannya (aqiqah) dan menyamakannya dengan shalat. Maka dia
(Buraidah) berkata:“Manusia itu dihadapkan kepada aqiqah pada hari Kiamat
sebagaimana mereka dihadapkan kepada shalat yang lima (waktu).”
Pendapat tentang wajibnya
aqiqah juga dikemukakan oleh Al-Laits, Dawud Adh-Dhahiri[2]
dan Ibnu Hazm[3].
2. Aqiqah itu Sunnah
Ulama yang
berpendapat demikian itu adalah: Ibnu ‘Abbas, Ibnu ‘Umar, ‘Aisyah, Imam Malik
bin Anas[4],
An-Nawawi [5]
dan Sayyid Sabiq [6].
Ibnu Qudamah
mengemukakan pendapat sebagian mereka, sebagai berikut:
وَاْلعَقِيْقَةُ سُنَّةٌ فِى قَوْلِ عَامَّةِ أَهْلِ اْلعِلْمِ
مِنْهُمْ إِبْنُ عَبَّاسٍ، وَابْنُ عُمَرَ، وَعَائِشَةُ وَفُقَهَاءُ
التَّابِعِيْنَ وَأَئِمَّةُ اْلأَمْصَارِ.[7]
“Aqiqah itu sunnah menurut perkataan semua ahli ilmu. Di
antara mereka (ialah) Ibnu ‘Abbas, Ibnu ‘Umar, ‘Aisyah, fuqaha para tabiin dan
para imam dari beberapa wilayah.”
3. Aqiqah itu Mubah
وَقَالَ
أَبُوْ حَنِيْفَةَ: هِيَ مُبَاحَةٌ , وَلاَ أَقُوْلُ أَنَّهَا مُسْتَحَبَّةٌ.
“Imam
Abu Hanifah berpendapat: Aqiqah itu mubah, dan aku tidak berpendapat bahwa
aqiqah itu mustahab.”
Wallahu 'alam.
[1] Ibnu Abdul Barri, At-Tamhid, jz.2, hlm 424.
[2] Sayid Sabiq,
Fiqhus Sunnah, jz.3, hlm.326.
[3] Ibnu Hazm, Al-Muhalla,
jld.4, jz.7, hlm.523.
[7] Ibnu Qudamah, Asy-Syarhul
Kabir, jz.3, hlm. 586.
[8] Al-Kandahlawi, Aujazul
Masalik, jz.9, hlm.204-205.
[9] Wahbatuz-Zuhaili, Al-Fiqhul
Islami wa Adillatihi, jz.4, hlm.2745.
0 Response to "PENDAPAT ULAMA TENTANG HUKUM AQIQAH"
Post a Comment