Pendapat ulama tentang anggota badan yang diturunkan lebih dahulu ketika memulai sujud ada tiga macam. Pendapat pertama adalah kedua lutut diturunkan lebih dahulu ketika memulai sujud. Sebaliknya, pendapat kedua ialah kedua tangan diturunkan lebih dahulu ketika memulai sujud. Adapun pendapat ketiga, bolehnya menurunkan kedua lutut atau kedua tangan lebih dahulu ketika memulai sujud. Berikut uraiannya:
1. Kedua Lutut Diturunkan Lebih Dahulu Ketika Memulai Sujud
At-Tirmidzi menyatakan bahwa pendapat ini dipegang oleh mayoritas ulama. [1] Al-Khuthabi juga mengemukan hal demikian dalam kitab Ma’allimus Sunan. [2]
Ibnu Qayyim berdasarkan perkataan Ibnul Mundzir, menyebutkan dalam kitab Zadul Ma’ad bahwa ulama yang berpendapat dengan pendapat ini adalah ‘Umar bin Khathab, An-Nakha’i, Muslim bin Yasar, Ats-Atsauri, Syafi’i, Ahmad, Ishaq, Abu Hanifah dan pengikutnya, dan penduduk Kufah. [3]
Pendapat ini dipegang pula oleh Ibnu Khuzaimah [4], Ibnu Qayyim, Al-‘Utsaimin [5].
Ibnu Qayyim mengemukakan pendapat beliau dalam kitab Zadul Ma’ad sebagai berikut:
وَ كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَضَعُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ ، ثُمَّ يَدَيْهِ بَعْدَهُمَا ، ثُمَّ جَبْهَتَهُ وَ أَنْفَهُ ، هذَا هُوَ الصَّحِيْحُ الَّذِي رَوَاهُ شَرِيْكٌ ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ , عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمِ إِذَا سَجَدَ , وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ ، وَإِذَا نَهَضَ , رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ ، وَ لَمْ يُرْوَ فِيْ فِعْلِهِ مَا يُخَالِفُ ذَلِكَ. [6]
Artinya:
Dan adalah beliau shallallahu 'alaihi wa sallam meletakkan kedua lutut beliau sebelum kedua tangan beliau, kemudian kedua tangan beliau setelah keduanya (kedua lutut), kemudian dahi beliau dan hidung beliau, ini adalah yang shahih yang diriwayatkan oleh Syarik, dari ‘Ashim bin Kulaib dari bapaknya, dari Wa`il dia berkata: “Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila bersujud beliau, meletakkan kedua lutut beliau sebelum kedua tangan beliau, dan apabila bangkit, beliau mengangkat kedua tangan beliau sebelum kedua lutut beliau, dan tidak diriwayatkan tentang perbuatan beliau apa yang menyelisihi hal tersebut.”
2. Kedua Tangan Diturunkan Lebih Dahulu Ketika Memulai Sujud
Pendapat ini dipegang oleh seorang sabahat yang terkenal dengan kefanatikannya dalam mengikuti sunah Nabi, yaitu Ibnu ‘Umar. Kemudian ulama lain yang bermadzhab dengan pendapat ini adalah Ibnu Hazm, Abuth Thayyib [7], Muhammad Syakir [8], Al-Albani [9], Al-Arna`uth [10]. Menurut kitab Zadul Ma’ad, Malik dan Al-‘Auza’i berpendapat dengan pendapat ini. [11]
Imam Bukhari mengeluarkan riwayat Ibnu ‘Umar dalam kitab Shahih-nya sebagai berikut:
وَ قَالَ نَافِعٌ : كَانَ ابْنُ عُمَرَ يَضَعُ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. [12]
Artinya:
Dan Nafi’ berkata: adalah Ibnu ’Umar radliyallahu ‘anhuma menurunkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.
Ibnu Hazm mengemukakan pendapat beliau dalam kitab Al-Muhalla sebagai berikut:
وَ فُرِضَ عَلَى كُلِّ مُصَلٍّ أَنْ يَضَعَ -إِذَا سَجَدَ- يَدَيْهِ عَلَي الأَرْضِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ وَ لا بُدَّ. [13]
Artinya:
Dan diwajibkan atas setiap orang shalat untuk menurunkan -ketika bersujud- kedua tangannya di atas tanah sebelum kedua lututnya dan harus.
- 3. Bolehnya Menurunkan Kedua Lutut atau Kedua Tangan Lebih Dahulu Ketika Memulai Sujud
Pendapat ini adalah pendapat Asy-Syafi’i [14], Asy-Syirazi [15], An-Nawawi [16] dan Ibnu Taimiyyah.
Ibnu Taimiyyah menyatakan bahwa bolehnya menurunkan kedua lutut atau kedua tangan lebih dahulu ketika memulai sujud adalah berdasarkan kesepakatan ulama. Berikut beliau mengemukakan pernyataan tersebut dalam kitab Al-Fatawal Kubra:
اَمَّا الصَّلاَةُ بِكِلَيْهِمَا فَجَائِزَةٌ بِاتِّفَاقِ العُلَمَاءِ, إِنْ شَاءَ الْمُصَلِّيُّ يَضَعُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ, وَ إِنْ شَاءَ وَضَعَ يَدَيْهِ ثُمَّ رُكْبَتَيْهِ, ...[17]
Artinya:
Adapun shalat dengan keduanya boleh berdasarkan kesepakatan ulama, jika orang yang shalat ingin maka (hendaknya) dia menurunkan kedua lutut sebelum kedua tangan dan jika dia ingin maka (hendaknya) dia menurunkan kedua tangan kemudian kedua lutut, ….
[1] At-Tirmidzi, Sunanut Tirmidzi, jld. 2, hlm. 57.
[2] Al-Khuthabi, Ma’alimus Sunan, jld. 1, hlm. 180.
[3] Ibnul Qayyim, Zadul Ma’ad, jld. 1, hlm. 229-230.
[4] Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibni Khuzaimah, jld. 1, hlm. 318, bab. 170, h. 626.
[5] Al-‘Utsaimin, Shifatus Shalah, hlm. 107-109.
[6] Ibnul Qayyim, Zadul Ma’ad, jld. 1, hlm. 223.
[7] Abuth Thayyib Abadi, ‘Aunul Ma’bud, jld.2 hlm. 94.
[8] Muhammad Syakir, footnote Sunanut Tirmidzi, jld. 2, hlm. 57-58.
[9] Al-Albani, Shifatush Shalatin shallallahu alaihi wa sallam, hlm. 140.
[10] Al-Arna`uth, footnote Zadul Ma’ad, jld. 2, hlm. 223-230.
[11] Ibnul Qayyim, Zadul Ma’ad, jld. 1, hlm. 229-230.
[12] Al-Bukhari, Al-Bukhari bi Hasyiyatis Sindi, jld. 1, hlm. 178, k. Al-Adzan, Bab Yahwi Bi At-Takbir Hina Yasjuda.
[13] Ibnu Hazm, Al-Muhalla, jld. 2, jz.. 4, hlm. 128.
[14] Asy-Syafi’i, Al-Umm, jld. 1, hlm. 136.
[15] Asy-Syirazi, Al-Muhadzab, jld. 1, hlm. 106.
[16] An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, jld. 3, hlm. 421.
[17] Ibnu Taimiyyah, Al-Fatawal Kubra, jld. 2, hlm. 187.
0 Response to "Sujud Dalam Sholat"
Post a Comment